[ARTIKEL] Prosedur Pendaftaran Sekolah Anak

Untuk pendaftaran sekolah anak bisa dilakukan jauh hari sebelum kedatangan di York karena bisa dilakukan secara email/online. Problemnya terkadang kita belum mendapatkan akomodasi yang pasti. Idealnya ialah kita mendapatkan sekolah anak yang dekat dengan akomodasi sehingga tidak terlalu memberatkan. Apabila kita telah mendapatkan kepastian akomodasi, secepatnya kita dapat mulai memproses pendaftaran sekolah anak. Atau bisa juga kita mencari akomodasi dan melakukan pendaftaran sekolah anak secara simultan, tapi ini sifatnya gambling karena bisa jadi sekolah dan akomodasi yang akhirnya kita dapatkan agak berjauhan. Prinsipnya schooling di York berlaku ‘catchment area’ (rayon), jadi satu sekolah dialokasikan untuk anak2 yang rumahnya berdekatan dengan sekolah tersebut.

Informasi mengenai catchment area adalah sbb:

https://www.york.gov.uk/info/20171/school_admissions/192/school_catchment_areas_and_your_address

Tidak ada biaya yang dikenakan untuk sekolah, kecuali untuk pembelian seragam (iya, seluruh sekolah di UK pakai seragam), sepatu, kaos kaki, dan tas. Selebihnya semua free. Untuk makan siang (packed lunch), anak yang bersekolah sampai dengan Year 2 (setara Kelas 1 SD di Indonesia) berhak mendapatkan makan siang free. Untuk Year 3 ke atas bisa mendapatkan makan siang dari sekolah (membayar biaya makan siang) atau membawa packed lunch dari rumah.

Apabila diperlukan, anak di bawah 3 tahun bisa dititipkan di Nursery and Pre-school tapi biayanya sangat mahal, mungkin untuk sebulan setara beasiswa rata2 mahasiswa Indonesia.

Sekolah yang berada di seluruh York dikelola di bawah manajemen City of York Council (semacam walikota yang juga mengurusi perumahan, denda, parkir, sampah, dll di York). Informasi lengkap mengenai schooling dapat diakses di laman berikut:

https://www.york.gov.uk/homepage/49/schools_and_education

Untuk melakukan pendaftaran bisa mengecek laman berikut:

https://www.york.gov.uk/info/20171/school_admissions/177/apply_for_a_school_place

Pengalaman saya, saya melakukan kontak dengan sekolah yang dituju via email. Dan kami mendapatkan jawaban mengenai availability tempat untuk anak kita di sekolah tersebut. Hal ini kami lakukan parallel dengan proses pendaftaran di City of York Council, sehingga pada saat kami tiba di York, anak-anak bisa langsung bersekolah di sekolah yang dituju. Untuk anak lebih dari satu, terkadang tidak bisa sekaligus kedua anak  di sekolah yang sama. Apabila kasusnya seperti ini terpaksa kakak adik sekolah  di sekolah yang terpisah sambil menunggu ketersediaan tempat untuk salah satunya. Apabila tempat sudah tersedia, salah satu anak bisa pindah sekolah sehingga kakak adik bisa bersekolah di sekolah yang sama.

Kelas-kelas di Inggris berdasarkan usia anak adalah sbb:

  • Early Years Foundation Stage (ages 3–5): Nursery dan Reception
  • Primary education (ages 5 to 11), subdivided into:
    • Key Stage 1 (KS1) Infants (ages 5 to 7): Year 1 – 2
    • Key Stage 2 (KS2) Juniors (ages 7 to 11):  Year 3 – 6
  • Secondary education (ages 11 to 16), subdivided into:
    • Key Stage 3 (KS3; ages 11 to 14): Year 7 – 9
    • Key Stage 4 (KS4; ages 14 to 16): Year 10 – 11
  • Post-16 education (ages 16 to 18);

Anak sekolah di Inggris tidak ada ujian kecuali saat Year 6 mengikuti SAT. Nilai SAT pun tidak akan mempengaruhi dimana anak akan sekolah lanjutan. Semua anak selalu naik kelas. Anak-anak dalam satu kelas berada dalam range kemampuan yang berbeda yang catatannya dimiliki oleh guru kelas. Homework biasanya diberikan seminggu sekali tergantung sekolah masing2.

Salam

Ratih Puspitasari

PhD Students in Edonomics and Related Studies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s