Tentang York

Mengapa belajar di Kota York?

Kota York merupakan salah satu kota di wilayah County of North Yorkshire. Wilayah Yorkshire atau yang secara formal disebut County of Yorkshire terbagi menjadi North, South, East dan West. Berdasarkan sensus tahun 2011 Kota York atau yang kemudian biasa disebut York memiliki jumlah penduduk sebanyak 198,051 orang. Dari total penduduk tersebut 86% penduduknya mengidentifikasi diri sebagai etnis kulit putih dan 90.8% lahir di wilayah United Kingdom (UK). Dibandingkan dengan London yang memiliki populasi hingga 8.7 juta pada tahun 2017 ini, Kota York jauh dari hiruk pikuk suasana kota besar. Selain itu populasi London yang hingga 20% populasinya merupakan etnis Asia dan keturunan Asia, menjadikan York terlihat sangat ‘British’ dibandingkan London.

Bagi sebagian orang beberapa kondisi demografis di atas dapat menjadi pertimbangan dalam memilih kota untuk belajar di UK. Kota yang relatif lebih tenang dianggap lebih mendukung kegiatan belajar. Disamping kondisi yang mendukung suasana belajar, sebagian orang ingin merasakan pengalaman yang lebih terasa asli ‘British’. York dianggap dapat memberikan pengalaman tersebut karena dengan mudah dapat ditemui orang-orang asli British dengan keramahan khasnya dan karakter orang British lainnya. Hal tersebut termasuk juga aksen Bahasa Inggris asli British khususnya aksen Yorkshire yang tergolong lebih mudah ditemui dibandingkan jika di kota besar semacam London. Pengalaman non-akademis tersebut bagi sebagian orang dianggap penting untuk memperkaya keseluruhan pengalaman hidup mereka.

Bagaimana cuaca, suhu rata-rata dan suasana di Kota York?

Seperti pada umumnya daerah di wilayah sub-tropis, York beriklim kering. York terletak di dataran rendah sehingga rentan terhadap angin dingin di hampir setiap musimnya. Jadi, meski di musim panas sekalipun lebih baik siap dengan jaket jika merasa tidak nyaman dengan angin dingin. Cuaca di York cukup ‘galau’. Dalam satu hari cuaca dapat berganti-ganti hingga tiga kali, misalnya mendung pada pagi hari, cerah pada siang hari dan hujan pada sore hari. Namun demikian, meski cuaca dapat berubah-rubah dalam satu hari ramalan cuaca cukup akurat sehingga dapat mempersiapkan diri sebelumnya jika akan bepergian ke luar rumah.

Suasana York relatif sepi meskipun tidak sesunyi daerah pedesaan. Dengan populasi yang diperkirakan mencapai 202,000 jiwa pada tahun 2016, suasana York dapat dibayangkan menyerupai Kota Magelang di Jawa Tengah, Kota Batu di Jawa Timur, Gorontalo di Sulawesi atau Jayapura di Irian Jaya. Pada siang hari suasana York cukup semarak. Pusat kota York yang merupakan pusat keramaian utama di York hampir selalu ramai oleh wisatawan disamping warga lokal. Selain menjadi salah satu pusat perbelanjaan dan restauran di York, terdapat beberapa atraksi wisata utama di pusat kota York, diantaranya, York Minster yang merupakan katedral terbesar di wilayah Eropa Utara; York City Wall yang memiliki empat gerbang utama Bootham Bar, Monk Bar, Walmgate Bar dan Micklegate Bar; Clifford Towers; The Shambles yang merupakan inspirasi Diagon Alley pada film Harry Potter; dan River Ouse yang merupakan sungai utama di York Bersama dengan River Foss. Beberapa pusat perbelanjaan dan restauran terdapat pula di beberapa distrik (semacam kecamatan) di York, diantaranya Monk Cross Shopping Centre, Designer Outlet dan Cliftoon Moor. Pusat-pusat perbelanjaan tersebut juga cukup dipadati oleh warga lokal dan wisatawan selain toko-toko yang letaknya terpisah-pisah.

Serupa dengan kota-kota lain di UK, rata-rata toko-toko di York pada hari kerja beroperasi hanya hingga pukul 20.00, pukul 19.00 pada hari Jumat dan Sabtu dan pukul 17.00 pada hari Minggu. Jadi, dapat dibayangkan bahwa dengan jumlah populasi yang kecil dan jam operasional toko yang pendek pada malam hari pukul 20.00 aktifitas warga York mulai sedikit. Daerah perumahan penduduk di York bahkan akan terasa sepi lebih awal dari pukul 20.00. Hal tersebut mungkin agak berbeda dengan situasi di kota-kota Indonesia yang bahkan memiliki tingkat populasi dan kepadatan yang setara. Di Kota Magelang sekalipun, misalnya, toko-toko beroperasi hingga pukul 21.00 bahkan 22.00. Hal tersebut mendorong aktifitas dilakukan hingga lebih larut pula.

Berapa jarak rata-rata Kota York denga London? Bagaimana transportasi dan biaya rata-rata menuju kota London?

Untuk menuju York dari London, jarak yang perlu ditempuh adalah sekitar 380-kilometer atau hampir setara dengan jarak Jakarta ke Pekalongan, Jawa Tengah. Sedangkan transportasi untuk menuju York dari London ada beberapa alternatif dan yang sering digunakan adalah kereta dan bis. Jika menggunakan kereta waktu tempuh London ke York adalah kira-kira 2.5 jam sedangkan jika menggunakan bis waktu yang diperlukan kira-kira 5.5 jam. Sayangnya harga tiket kereta di UK serupa mahalnya dengan harga tiket kereta dengan negara-negara Eropa Barat lainnya. Jika kita membeli tiket satu atau dua hari sebelumnya harga normal tiket kereta untuk satu kali jalan pada kelas standar dapat mencapai £60-an untuk tiket off-peak (jam sepi) hingga £100-an untuk tiket on-peak (jam sibuk). Pelajar sering menyiasati keadaan ini dengan membeli tiket jauh-jauh hari (beberapa minggu sebelumnya) sehingga memperoleh harga murah hingga £20-an dan ditambah dengan berlangganan kartu Railcard untuk memperoleh potongan harga hingga 30%. Sebagai alternatif yang lebih murah, bis Megabus dan National Express dapat digunakan untuk menuju York dari London. Harga tiket normal untuk sekali jalan berkisar pada harga £15-£20-an. Namun, jika dipesan dari jauh hari harga tiket bis dapat diperoleh hanya dengan £1-£5 saja. Meskipun murah, kualitas bis antar kota di UK cukup nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas wi-fi dan colokan listrik. Selain itu kualitas jalan dari London ke York sepanjang jalan cukup mulus.

Apa bandara yang tersedia/terdekat di Kota York? Apakah tersedia penerbangan dari Jakarta ke Kota York?

Bandara terdekat dari York adalah Leeds Bradford Airport (LBA). Namun demikian untuk mencapai York dari LBA jika menggunakan kendaraan umum harus berganti dari bis bandara ke kereta di Stasiun Leeds karena tidak ada bis yang langsung menuju York. Total waktu tempuh adalah 1.5 jam. Alternatif lain yang lebih ringkas adalah Manchester International Airport (MIA). Untuk menuju York dari MIA cukup menggunakan kereta. Stasiun kereta di MIA berada tepat di depan bandara dan terdapat kereta yang langsung menuju York.  Total waktu tempuh MIA-York serupa dengan LBA-York yaitu 1.5 jam.

Penerbangan ke York dari Jakarta dan sebaliknya dapat melalui LBA atau MIA. Namun demikian pilihan maskapai jika akan mendarat di LBA cukup terbatas. Penerbangan dari Jakarta ke LBA akan selalu transit di London Heathrow atau Amsterdam Schiphol karena maskapai di LBA yang melayani penerbangan dari Jakarta hanya British Airways dan KLM meskipun penerbangan sambungan sebelumnya adalah maskapai lain. Sedangkan pilihan maskapai di MIA yang melayani penerbangan dari Jakarta lebih banyak pilihannya. Selain maskapai Eropa yang melayani penerbangan dari Jakarta seperti British Airways, Air France, KLM dan Lufthansa terdapat beberapa maskapai Timur Tengah seperti Etihad, Emirates, Qatar Airways, Oman Air dan Saudia.

Universitas apa saja yang berada di Kota York dan bagaimana gambaran singkatnya?

Perguruan tinggi yang berada di York diantaranya adalah Askham Bryan College, York St. Jhon University dan University of York. Askham Bryan College merupakan perguruan tinggi yang menyerupai Sekolah Vokasi di Indonesia. Namun demikian terdapat pula beberapa program studi (prodi) atau departemen yang menawarkan kualifikasi BSc with honours yang secara bebas sering diterjemahkan sebagai Sarjana S1. Sedangkan York St. John University pada awalnya merupakan college yang serupa dengan Askham Bryan College. Namun sejak tahun 2006 York St. John telah berubah menjadi universitas penuh yang memiliki program diploma hingga pascasarjana. York St. John merupakan universitas publik dan berbasis agama dalam pembentukannya. Berdasar University Guide 2017 dari The Guardian, York St. John menempati peringkat 104 diantara universitas di UK. University of York merupakan universitas terbaik di York. University of York merupakan universitas publik yang memiliki program studi strata undergraduate hingga PhD. Dalam QS World University Rankings University of York menempati peringkat 135 dunia. Namun demikian berdasarkan prodi University of York memiliki beberapa prodi yang menempati ranking papan atas dunia. Prodi Arkeologi menempati peringkat 11 dunia, Prodi Kebijakan Sosial dan Pekerjaan Sosial menempati ranking 24 dan Prodi Bahasa Inggris juga menempati ranking 24. Dalam lingkup UK ketiga prodi tersebut menempati posisi 10 besar pada bidangnya masing-masing. Saat ini Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang menuntut ilmu di York, seluruhnya menempuh studi di University of York.

Bagaimana standar akademik di masing-masing kampus?

Untuk mendaftar di universitas-universitas yang berada di York pada level Master, syarat pendaftarannya cukup sederhana. Dokumen seperti personal statement, sertifikat IELTS dengan nilai keseluruhan minimal 6.5, translasi ijazah dan transkrip menjadi syarat utama ketika mendaftar. Syarat khusus bagi masing-masing prodi akan berbeda-beda tergantung pada program studinya. Namun demikian secara umum syarat pendaftaran studi level Master di berbagai prodi di York hanya membutuhkan dokumen-dokumen seperti tersebut di atas.

Beban perkuliahan pada masing-masing prodi akan berbeda-beda. Daftar bacaan diberikan di awal term sehingga pelajar dapat mempersiapkan dari awal perkuliahan. Perkuliahan dibagi menjadi dua jenis, lecture dan workshop. Pada sesi lecture, perkuliahan berjalan cenderung satu arah. Sedangkan pada sesi workshop pelajar dibagi dalam kelompok dan diberi kasus untuk diselesaikan atau didiskusikan. Terkait penilaian beberapa prodi membagi komponen penilainnya pada beberapa tugas namun seringnya komponen penilaian diletakkan seluruhnya pada tugas akhir setiap akhir term.

Apakah tersedia beasiswa di masing-masing kampus tersebut?

Saat ini seluruh pelajar di York yang belajar di University of York didanai oleh berbagai macam beasiswa dari pemerintah Indonesia, instansi di Indonesia, dana pribadi atau beasiswa lainnya, misal Erasmus Mundus. Namun demikian jika berencana untuk belajar di York dan mendaftar beasiswa yang disediakan oleh berbagai instansi di UK, universitas menyediakan informasi tersebut pada laman berikut:

Bagaimana fasilitas rata-rata yang tersedia di kampus?

Perguruan tinggi di York rata-rata memiliki fasilitas yang serupa. Mereka diantaranya menyediakan perpustakaan, sarana olahraga, kesehatan dan ruang berkumpul bagi pelajar atau sering disebut common room. Di University of York perpustakaan beroperasi selama 24 jam dan hanya libur beberapa hari saja dalam setahun, misal, pada hari Natal. Selain itu terdapat dua pusat sarana olahraga di University of York yaitu di kampus barat (Heslington West) dan kampus timur (Heslington East). Namun demikian penggunaan sarana tersebut dilakukan melalui pendaftaran sebagai anggota dan membayar sejumlah uang keanggotaan. Jika tidak ingin menjadi anggota, pelajar dapat pula menggunakan fasilitas dan membayar pada saat menggunakan fasilitas saja. Bagi pelajar Muslim, karena berkewajiban untuk sholat lima waktu dalam sehari fasilitas ruang ibadah sering menjadi kendala ketika berada di negara yang mayoritas penduduknya tidak menganut agama Islam. Namun demikian di University of York ruang sholat disediakan dengan sungguh-sungguh di gedung Alcuin Teaching Block (ATB). Ruang sholat sangat luas dan dilengkapi dengan tempat wudhu bagi pria dan wanita. Untuk berkumpul bersama dengan teman-teman atau belajar, pelajar dapat pula memanfaatkan beberapa common room yang disediakan oleh universitas. Di University of York, terdapat sistem college (semacam afiliasi asrama meskipun pelajar tidak harus tinggal di akomodasi asrama tersebut). Setiap pelajar terafiliasi dengan satu college. Selain common room yang disediakan oleh universitas, beberapa common room disediakan pula oleh college. Dengan demikian pelajar yang memperoleh akses ke common room tersebut hanyalah pelajar yang berafiliasi dalam college yang sama. Meskipun demikian pelajar dapat mengundang teman-teman yang terdaftar dalam college lain.

Apakah akomodasi di luar kampus mudah ditemukan di sekitar kampus?

Rata-rata universitas di York menyediakan fasilitas akomodasi kampus. Biaya sewa akomodasi kampus cenderung mahal karena letaknya yang dekat dengan kampus dan dilengkapi fasilitas yang dikelola secara profesional. Namun demikian tersedia pula akomodasi di luar kampus yang memiliki jangkauan harga yang lebih murah hingga setara dengan kampus. Akomodasi di luar kampus dapat berupa shared house (kos-kosan) yang dimiliki oleh landlord/landlady, menyewa satu rumah atau apartemen yang memiliki lebih dari satu kamar bersama-sama dengan teman-teman atau studio yang di dalamnya terdapat tempat tidur dilengkapi dengan dapur dan kamar mandi dalam. Biaya sewa akomodasi di luar kampus berkisar antara £350 hingga £500 per bulan termasuk dengan biaya listrik, gas dan internet. Akomodasi di luar kampus dapat dengan mudah dicari di beberapa situs penyedia jasa pencarian kamar seperti spareroom.co.uk, gumtree.co.uk atau rightmove.co.uk.

Advertisements